You cannot copy content of this page

Wisata Kuliner Khas Lombok yang Harus Dicicipi Ketika Liburan di Lombok

Lombok terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang sangat indah. Pantai dengan pasir berwarna pinknya yang indah, danau dan air terjun yang mengesankan dan masih banyak wisata alam lain yang bisa Anda kunjungi di Lombok.

Selain Anda harus jalan – jalan menghabiskan waktu dan mengukir pengalaman disana, ada banyak juga hal yang harus Anda lakukan. Salah satunya adalah wisata kuliner khas Lombok yang harus Anda cicipi.

Banyak lho wisata kuliner khas Lombok yang wajib Anda cicipi ketika liburan di Lombok. Cita rasa yang sempurna akan Anda dapatkan.

Tentunya cita rasa wisata kuliner khas Lombok ini berbeda dengan cita rasa kuliner yang lainnya. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Lombok

wisata kuliner khas lombok

Kuliner plecing kangkung

Wisata kuliner khas Lombok yang pertama dan direkomendasikan untuk Anda adalah plecing kangkung. Kuliner yang satu ini terbuat dari kangkung khas Lombok yang terkenal dengan teksturnya agak besar dan lebih kenyal.

Cita rasa dari kangkung khas Lombok juga disebut – sebut berbeda dengan cita rasa kangkung yang lain.

Kalau Anda kebetulan liburan di Lombok, jangan Anda lupa untuk mencicipi kuliner plecing kangkung.

Namun jika Anda belum ada kesempatan ke Lombok namun ingin mencicipi plecing kangkung, Anda bisa buat sendiri di rumah.

Cara pembuatan plecing kangkung.

  • Caranya dengan Anda rebus kangkung sampai matang kemudian disuwir – suwir memanjang.
  • Selanjutnya campur dengan sambal tomat yang pedas.
  • Bumbu sambal tersebut merupakan cabai rawit merah, garam, tomat, terasi, perasan jeruk purut dan juga bumbu penyedap rasa.
  • Cukup mudah bukan cara membuatnya?

Kuliner sate bulayak

Sate bulayak merupakan kuliner khas Lombok yang terdiri dari sate dan juga bulayak. Bulayak sendiri memiliki tekstur ketupat, namun memiliki bentuk bulat memanjang.

Keunikan dari sate bulayak sendiri adalah bungkus bulayak yang bukan dari daun pisang atau daun kelapa melainkan dari daun aren.

Cita rasa khas sate sendiri terletak pada bumbu yang digunakan. Biasanya sate menggunakan bumbu kacang. Namun sate bulayak menggunakan bumbu khusus yang dimasak dengan campuran santan kental dan kemiri yang memberikan cita rasa sempurna.

Jika Anda liburan di Lombok, kuliner plecing kangkung bisa Anda temukan di sepanjang jalan udayana kota Mataram, di Taman Hutan Suranadi Lombok Barat tepatnya di sekitar Pantai Senggigi, Lombok Barat.

Kuliner nasi puyung

Nasi puyung merupakan suatu kuliner khas Lombok yang super lezat. Nasi puyung merupakan kuliner nasi campur dengan cita rasa khas pedas level tinggi.

Nah, satu porsi nasi puyung terdiri atas nasi putih, sambal daging dan juga biji kedelai goring, kentang goreng kremes. Juga ada sambal puyung super lezat yang melengkapi nasi puyung ini.

Kuliner nasi sukaraja

Nasi sukaraja merupakan kuliner nasi campur yang hanya bisa ditemukan di desa Sukaraja, Ampenan, kota Mataram. Satu porsi nasi campur terdiri atas berbagai macam lauk yang Anda bisa pilih.

Menu khas suku sasak yang membedakan campuran olah – olah sayuran yang dimasak dengan suatu bumbu khusus dan santan kental akan Anda temukan.

Nasi sukaraja sendiri sangat disukai karena masih mempertahankan cara memasak secara tradisional menggunakan tungku tanah dan juga kayu bakar. Ternyata diketahui bahwa cara masak tersebut sangat berpengaruh atas cita rasa dan aroma masakan yang dihadirkan.

Itulah wisata kuliner khas Lombok yang harus dicicipi ketika liburan di Lombok. Dapatkan cita rasa masakan yang sempurna dengan sajian kuliner khas Lombok diatas. 

0/5 (0 Reviews)
Tags:

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1