Traveling ke Santiago, Chile

The Begining

Sebuah pesan whatsapp tiba-tiba muncul. Gambar Screenshot surat tugas yang perihalnya disambut dengan gembira karena dinas ke luar negeri. tetapi setelah membaca detail seketika menjadi sebuah kejutan listrik 2000volt, tugasnya adalah traveling ke Chile menghadiri rangkaian Konferensi APEC di Santiago, Chile. Iya.. Chile Amerika Selatan deket Argentina sebelahnya Brasil.

sumber gambar: wikipedia

Staf bagian luar negeri kemudian meminta untuk segera mengisi formulir kesediaan, pas foto dan pas foto dan paspor. Duh !! paspor ternyata udah expired dan harus segera diperpanjang sebelum 16 Februari 2019.

Baca juga : Informasi Antrian Paspor Online

Segera saja install aplikasi antrian paspor di playstore. Register dengan mengisi form yang ada klik tombol selesai. But wait … email verifikasinya kok ndak dateng-dateng. Ternyata sebelum klik tombol selesai, pastikan email verifikasi telah terkirim. Jika belum terkirim tekan resend.

Buru-buru Memperpanjang Paspor

Panik. Itu yang pertama terlintas ketika mau login yang keluar adalah pesan error karena akun belum diverifikasi. Which is emailnya belum terkirim, gimana mau verifikasi.

Browsing googling stalking semua akun media sosial dirjen imigrasi cari info cara mengatasi masalah ini. Entah karena adminnya lagi sibuk atau apa semua DM, mention tidak ada yang dibalas.

Hopeless, udah bingung gimana ngurusnya. Karena sekarang buat paspor atau perpanjangan sudah tidak pakai antri pagi-pagi di kantor imigrasi lagi tetapi pake aplikasi online itu.

Sebuah postingan di Instagram Dirjen Imigrasi memberikan secercah harapan. Antri online bisa menggunakan pesan whatsapp. Hal ini dimungkinkan karena beberapa kantor imigrasi telah mengoperasikan layanan whatsapp gateway.

Cara booking antrian paspor pakai whatsapp bisa dibaca disini.

Kemudian saya coba pesan antrian di Kantor Imgrasi Tangerang di BSD, Serpong. Lumayan real time, tetapi jawabannya tidak sesuai harapan. Quota antrian minggu ini telah penuh, silahkan pesan lagi pada hari jumat mulai pukul 17:00 WIB.

Coba lagi di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Jawabannya lebih nyesek karena slot antrian yang tersedia paling cepat ada pada tanggal 12 dan 13 Februari 2019, sangat mepet karena harus ngurus visa dan lain-lain.

Rezeki memang datang dari mana saja, dari arah yang tidak disangka-sangka. Kegalauan tentang antrian paspor mendadak hilang ketika sebuah insta story Dirjen Imigrasi mengabarkan adanya kegiatan Festival Keimigrasian di Plaza Senayan pada tanggal 19 Januari 2019.

layanan-paspor
festival keimigrasian 2019

Di festival ini ada kesempatan pembuatan paspor baru dan perpanjangan untuk 500 orang. Langsung gercep otw ke website antrian online Dirjen Imigrasi yang ternyata ada versi beta. Disitu ada pilihan registrasi pake akun Google dan Facebook.

Tidak mau mengulangi kebodohan hari sebelumnya. Semua kolom isian diisi dengan hati-hati dan penjelasan pengisian dibaca pelan-pelan sampai paham. Akhirnya sukses juga dapet antrian hari Sabtu 19 Januari 2019 sore mulai jam 15:00 WIB.

sementara itu dulu ceritanya. nanti dilanjut lagi .. i’ll be back !!  Misi memperpanjang paspor diterusin disini

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1