Taman Nasional Baluran, Destinasi Wisata Banyuwangi Layaknya di Padang Savana Afrika

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Pernahkah Anda sejenak menginginkan untuk merasakan sensasi luasnya padang Savana dan melihat langsung banyaknya satwa-satwa liar? Kini Anda dapat menjadikan mimpi Anda tersebut menjadi nyata.

Selain itu, Anda tidak perlu terbang jauh-jauh ke Afrika. Anda hanya perlu mempersiapkan paket wisata di Banyuwangi. Saat ini, Banyuwangi memiliki sebuah tempat wisata dengan hamparan padang Savana yang luas dan terdapat beberapa hewan yang berkeliaran.

Tempat tersebut dinamakan Taman Nasional Baluran, atau yang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Taman Nasional Alas Purwo. Seperti apa tempat wisata di Banyuwangi yang dikatakan mirip sekali dengan padang Savana di Afrika ini? Berikut sedikit penjelasan singkatknya.

Little Africa

Destinasi Wisata Banyuwangi bagi Pecinta Hewan Taman Nasional Baluran ini mendapatkan julukan sebagai little Africa atau terkadang juga disebut Africa van Java.

Tentunya ini dikarenakan lokasi tempat wisata dengan keberadaan padang Savana yang sangat luas dan juga terdapat satwa liar yang hidup di dalamnya. Berkunjung ke tempat ini mirip seperti berkunjung di taman Safari, dimana para pengunjung diperbolehkan menggunakan kendaraan sendiri.

Dari dalam kendaraan, Anda akan melihat padang yang ditumbuhi banyak rerumputan dan semak, dan beberapa tandus dan mengeris, serta pepohonan dan bebatuan. Suasana ini sangat mirip seperti di Africa, namun kelebihannya adalah Anda masih dapat meilhat pemandangan gunung di latar belakang padang nan hijau kekuningan, sehingga menambah keindahan pemandangan alam yang ada.

monyet baluran

Total luas dari Taman Nasional Baluran ini adalah 25 ribu hektar. Selain padang Savana dan aneka hewan yang tinggal di dalamnya, di tempat ini juga terdapat beberapa jenis hutan, seperti hutan musim, hutan Mangrove, hutan pantai, hutan rawa, hutan pegunungan bawah, serta hutan hijau yang selalu berwarna hijau di sepanjang tahunnya.

Selain sebagai tempat untuk berfoto, tentu Taman Nasional ini juga sangat cocok sebagai wisata edukasi bagi keluarga. Satwa Beberapa satwa yang hidup di tempat ini antara lain seperti kerbau, rusa, banteng, monyet berekor panjang, dan juga burung merak.

Karena tidak terdapat hewan buas seperti Singa dan harimau, jadi saat memasuki kawasan ini Anda boleh dengan bebas menurunkan kaca mobil Anda dan benar-benar menikmati pemandangan yang ada sambil menghirup udara khas padang Savana.

taman nasional baluran

Lokasi Taman Nasional Baluran

Sebenarnya Taman Nasional Baluran secara administratif masih masuk ke dalam wilayah Situbondo, tepatnya terletak di perbatasan kedua kabupaten. Meskipun demikian, tempat wisata ini sangat mudah untuk dituju dari kabupaten Banyuwangi.

Oleh karena itu, banyak yang mengira jika objek wisata ini termasuk dalam daerah Banyuwangi. Untuk menuju ke Taman Nasional ini juga sangat mudah terutama bila Anda berasal dari daerah Banyuwangi. Cukup ikuti saja jalan Situbondo-Banyuwangi, dan Anda akan menemukan akses utama menuju Taman Nasional Baluran ini.

Ada banyak papan petunjuk arah yang akan memandu tujuan Anda, dan Anda akan menemukan pintu utamanya dengan sangat jelas. Selain itu bagi para pengunjung yang datang dari daerah Surabaya menuju Banyuwangi melalui jalur Pantura, tentunya Anda sudah pasti akan melewati tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Untuk biaya masuk, saat memasuki Pos Jaga pertama, Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orangnya, serta untuk mobil Rp 10.000 per harinya. Jadi misalkan total jumlah penumpang di mobil adalah 4 orang, maka biaya yang perlu dibayarkan hanya sekitar Rp 30.000.

Dengan uang kurang dari Rp 50.000, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata Banyuwangi ini lengkap dengan seluruh pengalaman berharga didalamnya.

Leave a Reply