You cannot copy content of this page

Pesona Indah Pantai Kata Pariaman

Kota Pariaman di Sumatera Barat yang ramah ini memiliki segudang objek wisata pantai, salah satu di antaranya yang cukup populer adalah Pantai Kata. Pemandanagan di pantai ini sungguh indah.

Sayangnya masih belum banyak orang yang mengetahui tentang hal ini. Untuk membuktikannya. Pesona dari keindahan Pantai Kata Pariaman bisa Anda temui Desa Karan Aur dan Desa Taluk.

Daya Tarik Pantai Kata di Pariaman

Apa ada yang tahu, kenapa pantai ini dinamakan Pantai Kata? Hal ini dikarenakan Pantai Kata diambil dari dua wilayah perkampungan (nagari) yang terdapat dalam kawasan pantai tersebut, di antara wilayah tersebut yaitu nagari Karan Aur dan nagari Taluak.

Lingkungan di Pantai Kata masih terjaga keasriannya, pepohonan yang tumbuh membuat tempat tersebut terlihat rindang. Hembusan angin laut yang menyejukkan akan membuat liburan Anda nyaman, suasananya juga begitu tenang cocok untuk me-refresh otak dari rutinitas harian yang jenuh dan membosankan.

Ketinggian ombak di Pantai Kata relatif sedang, membuat Anda lebih leluasa untuk berenang dan aman juga untuk anak-anak yang bermain air. Meskipun begitu, Anda harus tetap memerhatikan keamanan dan kewaspadaan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pesona keindahan Pantai Kata juga bisa dinikamti dengan bermain pasir lembutnya, menikmati pesisir pantainya, menuliskan nama seseorang di atas pasir, dan membuat aneka istana pasir untuk anak-anak akan menambah pengalaman seru berwisata di tempat ini.

Pesona selanjutnya yaitu pemandangan matahari terbenam yang juga sangat memukau di Pantai Kata. Pemandangan detik-detik matahari terbenam ini banyak dinanti-nantikan wisatawan, Anda bisa melihat secara langsung proses pergerakkan matahari yang perlahan tenggelam tanpa terhalang apapun.

Spot foto ciamik dapat dengan mudah dijumpai di pantai ini, buktinya banyak fotografer yang menyengajakan berkunjung ke tempat wisata ini hanya untuk memotert pemandangan indahnya. Di Pantai Kata ini Anda bisa berfoto ria, bermain perahu bebek, dan banyak hal lainnya yang dapat memanjakan dan membuat kalian merasa nyaman.

Selain menawarkan panorama pantainya, di tempat wisata ini Anda bisa juga melihat perkampungan nelayan yang jaraknya tidak jauh dari pantai. Anda dapat mengamati berbagai aktivitas yang dilakukan oleh para nelayan. Selain itu, penduduknya sangat hangat dan ramah, rasa kekeluargaan yang begitu tinggi akan kalian rasakan saat bercengkerama dengan mereka.

Pesona Keindahan Pantai Kata Pariaman

Keindahan Sunset di Pantai Kata Pariaman

Akses Menuju Pantai Kata

Pantai Kata terletak di bagian selatan kota Pariaman. Untuk menempuhnya, Anda bisa memanfaatkan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Rutenya sangat mudah dituju, selain bisa bertanya warga sekitar yang sbegain besar sudah familiar dengan lokasi pantai, Anda bisa juga menggunakan fitur goggle maps di smartphone kesayangan Anda.

Tips berwisata di Pantai Kata

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengunjung yang memilih untuk berlibur di Pantai Kata:

  1. Tidak membuang sampah sembarangan, alangkah baiknya sampah dikumpulkan ke dalam kantong yang nantinya akan dibuang ke tempat sampah,
  2. Jangan memperberat perjalanan kalian dengan membawa berbagai keperluan yang terlalu berlebihan, Anda bisa membawa barang keperluan secukupnya saja,
  3. Disarankan untuk datang ke Pantai Kata pada sore hari, karena pemandangan sunset-nya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Pemandangan sunset-nya akan memanjakan mata Anda.
  4. Disarankan untuk membawa bekal seperti makanan dan minuman dari rumah, karena di Pantai Kata masih jarang dipadati para penjual makanan atau pun minuman terkecuali pada hari libur.
  5. Dikarenakan keasriannya masih terjaga dan juga alami, pengawasan dan keamanan pun masih belum terlalu dijaga ketat, maka dari itu kalian harus tetap waspada dan tidak berenang terlalu jauh untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Pesona Pantai Kata tidak bisa dianggap remeh, keindahan Pantai Kata Pariaman patut dimasukan dalam daftar destinasi wisata Anda yang seru dan menyenangkan selanjutnya.

Happy travelling!

5/5 (1 Review)

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1