Yuk Main ke Museum di Surabaya! Wisata Keluarga yang Murah Meriah

monumen kapal selam

Salah satu tempat wisata di Surabaya yang bisa dijadikan rekomendasi sebagai wisata keluarga adalah museum. Kenapa? Karena museum di Surabaya memiliki banyak sekali sejarah kepahlawanan di Indonesia. Salah satu museum itu adalah Monumen Kapal Selam Surabaya.

Museum di Surabaya ini yang juga sering dikenal dengan sebutan Monkasel, merupakan sebuah museum kapal selam milik para tentara Angkatan Laut Indonesia.

Tempat ini tentunya sangat cocok sebagai tempat wisata edukasi bagi keluarga, karena banyak sekali pengetahuan terkait kapal selam yang pernah digunakan di Indonesia untuk mengalahkan para penjajah.

Yang tak kalah penting, disini banyak sekali spot foto yang bisa Anda abadikan yang menurut beberapa traveler cukup bagus untuk mengisi akun instagram Anda.

Monumen Kapal Selam, Museum di Surabaya yang Penuh Sejarah dan Spot Foto Epic

Sebagai salah satu museum di Surabaya yang menarik, tempat ini dibuat dari kapal selam asli. Jadi museum ini tidak menggunakan bangunan buatan berbentuk rumah seperti pada museum pada umumnya, melainkan menggunakan kapal selam yang dahulu pernah digunakan oleh tentara Angkatan Laut Indonesia.

Jenis kapal yang digunakan sebagai bangunan sendiri merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, yang merupakan Kapal Selam buatan Uni Soviet pada tahun 1952.

Menurut sejarahnya, kapal selam ini pernah digunakan oleh pasukan Tentara AL Indonesia dalam pembebasan Irian Barat dari pendudukan kolonialisme Belanda, yang dikenal luas dengan pertempuran Laut Aru.

Kapal Selam yang pernah digunakan untuk bertempur ini kemudian dibawa ke daratan Surabaya, untuk kemudian dijadikan sebagai monumen. Monumen ini merupakan tanda untuk mengingat keberanian para tentara Indonesia di kala itu.

Para pengunjung yang datang di tempat ini diperbolehkan memasuki kapal Selam dan melihat bagaimana kapal selam sebenarnya dengan berbagai peralatan di dalamnya.

Selain itu, ada pula satu sudut dimana para pengunjung dapat melihat pemutaran film terkait peperangan di Kepulauan Aru.

Pada pemutaran film ini, pengunjung akan diajak untuk kembali mengenang dan mengingat sejarah, serta sebagai bentuk edukasi kepada para anak untuk belajar dan lebih menghargai jasa-jasa para tentara Indonesia dan para pahlawan di masa lalu.

Selain Monkasel, tempat wisata di Surabaya lainnya untuk hangout atau bersantai berada di sekitar Tugu Pahlawan untuk mengingat kembali sejarah kota Surabaya sebagai kota Pahlawan.

Museum Kapal Selam Surabaya, satu-satunya di Asia

Para pengunjung yang masuk ke Monkasel ini akan selalu didampingi oleh para pemandu wisata yang siap mengarahkan pengunjung untuk mengeksplorasi seluruh sudut kapal selam.

Kapal Selam ini juga disebut oleh pemandu wisata sebagai bentuk bahwa Indonesia pernah mengalami kejayaan pasukan Maritim yang mampu menang dalam perang di Laut Aru dalam pembebasan Irian Barat.

Para pengunjung tempat wisata di Surabaya ini selanjutnya akan dijelaskan terkait peristiwa bersejarah tersebut secara detil, dan juga diberi tahu bahwa tentara Indonesia tidak hanya menggunakan satu kapal selam saja, namun juga 10 kapal selam dengan jenis yang sama seperti Monkasel.

Selain hanya sekedar berkunjung di Monkasel, para wisatawan lokal tentunya patut berbangga karena negara kita memiliki Monkasel ini. Pasalnya, hanya beberapa negara yang ada di dunia yang memiliki museum kapal selam dengan fasilitas edukasi di dalamnya.

Museum kapal selam di dunia ada di Inggris yang memiliki 2 museum, sedangkan di Asia sendiri diwakili oleh Monkasel di Surabaya.

Lokasi Monkasel Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya berlokasi di Jalan Bliton, yang sangat dekat dengan dua Mall besar di Surabaya, yakni Grand City Mall, dan juga WTC Surabaya. Dijamin, Anda tidak akan kesusahan untuk mengunjungi tempat bersejarah ini.

Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya

Harga tiket masuk monumen kapal selam Surabaya sangat murah untuk ukuran sebuah wisata museum di Surabaya yang memiliki banyak spot foto menarik.

Hanya dengan Rp 5.000 per orang, setiap pengunjung sudah mampu mengeksplorasi seluruh bagian Monkasel dan belajar sejarah serta mengabadikan momen yang ada.

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1