Mie Aceh Razali – Menu Wajib Untuk Dicoba di Banda Aceh

Banda Aceh, kota yang merupakan pusat pemerintahan Propinsi Nangroe Aceh Darussallam ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah terkenal. Beragam atraksi wisata bisa dinikmati di sini. Salah satunya adalah wisata kuliner Mie Aceh Razali. Menu yang wajib dicoba di Mie Aceh Razali ini adalah Mie Rebus Kepiting.

mie rebus kepiting

 

Menu Andalan

Mie Aceh Razali memiliki menu utama berupa mie (tentu saja), dengan pilihan masaknya di goreng dan rebus. Satu menu yang menjadi andalan dan sangat menarik untuk dicoba adalah mie rebus kepiting.

Mie rebus kepiting adalah masakan mie khas aceh dengan kuah yang penuh rempah, mirip kari dan berwarna merah. Kuah terasa agak pekat dan segar dengan aroma rempah-rempah yang menyegarkan. Kuahnya tidak terlalu pedas sehingga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa sampai anak-anak.

Mie Kepiting ini dilengkapi dengan acar bawang merah dan cabai rawit utuh. Jadi kalau anda merasa kurang pedas tinggal minta tambah cabai rawit saja ke pelayan.

Berbeda dengan mie rebus kebanyakan, mie kepiting ini sangat istimewa karena dihidangkan langsung dengan kepiting rebus. Kepiting yang disajikan memiliki ukuran yang cukup besar dan pas untuk satu porsi orang dewasa.

Untuk satu porsi mie kepiting, terdiri dari mie rebus dan satu ekor kepiting yang telah dibelah dua. Sajian ini cocok dijadikan menu untuk makan malam karena mengenyangkan.

Harga Mie Razali

Harga yang dipatok untuk menu di rumah makan ini terhitung masih wajar. Mie Kepiting dihargai Rp. 35.000 sedangkan untuk mie polos dihargai lebih murah yaitu Rp. 10.000. Lebih lengkapnya dapat dilihat di gambar berikut ini.

List Menu dan Harga Mie Razali

This photo of Mie Razali is courtesy of TripAdvisor

Lokasi Mie Razali

Rumah makan khas aceh ini terletak di pusat kota Banda Aceh tidak jauh dari Tugu Simpang Lima tepatnya di Jalan T. P. Polem 83, Peunayong, Banda Aceh.

Selain Mie Razali, anda yang sedang wisata kuliner di Aceh dapat mencoba mencicipi masakan aceh yang lain seperti Ayam Tangkap, Asam Udang dan Daging Goreng Kecap di Rumah Makan Hasan 2 yang posisinya masih di Kota Banda Aceh.

Leave a Reply