Wisata pantai Banyuwangi: Menikmati Keindahan Matahari Terbit di Pantai Mustika

Wisata pantai Banyuwangi Menikmati Keindahan Matahari Terbit di Pantai Mustika

Wisata pantai Banyuwangi Menikmati Keindahan Matahari Terbit di Pantai Mustika

Banyaknya wisata pantai Banyuwangi yang masih alami dan asri tentu membuat setiap traveler bingung mana yang harus dipilih.

Terlebih jika jatah liburannya hanya 2-3 hari saja, Anda harus pastikan destinasi wisata Banyuwangi yang akan dikunjungi benar-benar bagus.

Salah satu rekomendasi pantai di Banyuwangi yang cocok untuk melihat pemandangan matahari terbit adalah Pantai Mustika. Tidak hanya cantik, Anda bisa menikmati keindahan alami yang masih asri terjaga oleh warga sekitar.

Sejarah Singkat Pantai Mustika Banyuwangi

Asal mula nama Mustika disebut warga sekitar konon dahulu kala Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul pernah datang mengunjungi pantai dengan membawa salah satu senjatanya atau yang dikenal dengan sebutan Mustika.

Mustika milik ratu pantai Selatan tersebut tertinggal di kawasan pesisir pantai, dan kemudian ditemukan oleh salah satu warga yang sedang ada di pantai tersebut.

Oleh warga tersebut, mustika milik ratu pantai Selatan kemudian dibuang atau dilarung lagi ke laut, dengan harapan bahwa mustikanya akan kembali pada pemiliknya. Faktanya, cerita tersebut adalah legenda yang diyakini oleh masyarakat sekitar dan belum dipastikan kebenarannya.

Terlepas dari percaya atau tidaknya cerita legenda di pantai Mustika, pemandangan alam di sepanjang pantai sangatlah indah sehingga tanpa mengetahui latar belakang ceritanya pun Anda dapat menikmati keindahan alam di tempat ini.

Selain Pantai Mustika, Banyuwangi juga memiliki banyak sekali wisata pantai lainnya. Salah satu pantai yang masih jarang dikunjungi namun memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia.

 

Pantai itu adalah Pantai Parang Kursi. Kenapa dinamakan Pantai Parang Kursi? Apa menariknya pantai itu? Anda bisa melihat ulasan singkatnya disini: Wisata Pantai Banyuwangi – Pantai Parang Kursi yang Mengagumkan dan Penuh Cerita.

 

Pemandangan Alam Pantai Mustika Banyuwangi

Saat datang di pantai Mustika, Anda akan melihat pemandangan pulau Mustaka dari kejauhan. Selain itu, para pengunjung dapat bersantai di sepanjang pesisir pantai yang memiliki panjang hingga 2 km.

Di pesisir pantai ini ditumbuhi oleh banyak pepohonan kelapa nan nyiur melambai. Ada banyak penjaja hammock bagi para pengunjung yang ingin bersantai di antara dua pohon kelapa sambil menikmati pemandangan di sekitar pantai yang indah.

Wisata pantai Banyuwangi memang sudah banyak menarik minat wisatawan domestik karena terkenal akan keindahan dan masih alami. Selain itu, kalangan remaja dan mahasiswa di sekitar kota Banyuwangi juga ikut serta mempromosikannya secara tidak langsung ke berbagai penjuru Indonesia.

Jadi jangan heran jika saat ini berbagai wisata pantai di Banyuwangi semakin banyak ditemukan dan dikunjungi banyak orang. Seperti yang disebutkan pertama kali bahwa pantai ini sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit.

Di hari-hari libur, Anda akan melihat banyaknya pengunjung beramai-ramai datang ke pantai yang masih asri di pagi hari, hanya untuk dapat menikmati pemandangan matahari terbit. Bahkan Anda juga dapat menyewa pemondokan di sekitar pantai untuk menikmati keindahan alam di pagi hari tersebut.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Mustika Banyuwangi

Pantai Mustika ini tergolong pantai yang tidak terlalu ramai dan memiliki pemandangan alam nan asri dan masih sangat terjaga.

Setiap pengunjung dapat bermain air di tepi pantai, bersantai di bawah pepohonan kelapa di pesisir, naik kapal menuju ke pulau Mustaka, atau menyelam di sekitar pulau Mustaka yang terdapat banyak terumbu karangnya.

Lokasi Pantai Mustika Banyuwangi

Pantai Mustika terletak di sekitar teluk Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi.  Pantai ini termasuk ke dalam pantai selatan yang ada di kabupaten Banyuwangi, dengan jalur yang sedikit berliku.

Oleh karenanya, pengunjung sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps untuk menuju ke tempat wisata pantai di Banyuwangi ini.

Biaya Masuk Pantai Mustika Banyuwangi

Sebelum masuk ke kawasan wisata pantai di Banyuwangi ini pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 7.000 per orangnya.

Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan pribadi sebesar Rp 3.000 hingga Rp 8.000.

Loading...
author
Penulis: 
Seorang part time Blogger yang sering Traveling. Menulis disaat senggang. Fans Manchester United.