Ke Coban Pelangi Yuk! Wisata alam di Malang yang Bikin Adem Pikiran!

Coban Pelangi

coban pelangi yuk wisata alam di malang yang bikin adem pikiran

Bagi Anda yang sedang mencari sebuah wisata alam di Malang, ada satu tempat yang bisa jadi rekomendasi terbaik kami. Tempat itu adalah Coban Pelangi.

Disini, Anda akan mendapatkan pemandangan luar biasa indah. Keindahan alam ini tidak selalu dapat ditemukan di kawasan air terjun lainnya. Banyak wisatawan yang datang kesini hanya untuk melihat pemandangan ini. Penasaran?

Apa saja keindahan yang bisa buat banyak wisatawan pergi kesini. Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Coban Pelangi, Wisata alam di Malang yang Paling Indah

Dinamakan Coban atau Air terjun Pelangi karena di kawasan air terjun yang satu ini selalu ada fenomena pelangi yang muncul di samping atau di seberang air terjun yang mengalir.

Hal tersebut dikarenakan cahaya matahari yang langsung mengarah ke air terjun dan menghasilkan pembelokan cahaya dan dibiaskan menjadi tujuh warna pelangi yang indah.

Di beberapa kawasan wisata air terjun lainnya memang terkadang dapat ditemukan pemandangan pelangi. Namun biasanya pemandangan pelangi tersebut tidak sampai melengkung sempurna dan hanya terlihat sedikit atau tipis saja.

Oleh karena itu Coban pelangi ini berbeda dengan coban lainnya, dan memiliki keindahan alam yang luar biasa di sekitarnya.

Hal tersebut karena Coban Pelangi langsung menghadap ke arah matahari tanpa terhalangi oleh bukit atau pepohonan lainnya. Biasanya kawasan air terjun dikelilingi oleh perbukitan atau pepohonan rimbun di tengah hutan, yang menghambat masuknya cahaya matahari, sehingga proses terbentuknya pelangi sangat jarang terjadi.

Untuk menikmati keindahan pelangi ini, saat yang tepat adalah mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 14.00 dimana matahari berada di ketinggian, sehingga proses pembiasan cahaya di air terjun terjadi, dan terbentuklah pelangi.

Aktivitas

Air terjun yang mengalir ke bawah sangatlah deras, sehingga pengunjung sangat tidak disarankan untuk merasakan kesegaran air terjun secara langsung di bawahnya. Namun, ada beberapa aktivitas lain yang dapat pengunjung lakukan di tempat ini.

Berfoto dan mengunggahnya di media sosial tentunya sudah menjadi hal wajib yang tidak boleh untuk Anda lewatkan. Dijamin hasil jepretan Anda akan mengundang banyak ‘like’ di media sosial Anda.

Faktanya, tempat wisata ini juga sangat populer dan sering diperbincangkan di media sosial, dan menjadi salah satu destinasi wisata Malang yang populer.

Lokasi Coban Pelangi

Untuk pergi ke air terjun Pelangi ini silahkan menuju ke desa Gubuk Klakah, kecamatan Poncokusumo, Malang. Dari pusat kota Malang menuju tempat ini diperlukan perjalanan kurang lebih 1 jam, dengan jarak sekitar 32 km.

Saat tiba di kawasan Coban Pelangi, Anda akan diarahkan untuk memarkir kendaraan di halaman rumah penduduk sekitar, dan berjalan menuju ke kawasan air terjun.

Jalan menuju ke lokasi wisata air terjun ini memang sedikit terjal dan Anda perlu berhati-hati dengan banyaknya ranting, dan jalan tanah yang licin di musim hujan.

Oleh karena itu gunakan alas kaki yang nyaman untuk melakukan perjalanan ini.

Tiket Masuk Coban Pelangi

Pengunjung akan dikenakan tiket sebelum masuk ke Coban Pelangi sebesar Rp 6.000 per orangnya. Lalu untuk biaya parkir berkisar mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Selain Coban Pelangi, Malang masih memiliki puluhan wisata alam lainnya. Salah satu wisata alam di Malang yang juga merupakan air terjun dan sering dijadikan tempat rekreasi adalah Coban Gintung.

Jika Anda tertarik ingin pergi ke Coban Gintung, Anda bisa melihat panduan arah, letak dan harga tiket masuknya disini: Coban Gintung, Wisata alam di Malang yang Indah.

Semoga liburan Anda di Malang bisa lebih berkesan dengan mengunjungi kedua tempat wisata ini.