You cannot copy content of this page

Kampung Korea Bandung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa demam Korea tengah melanda banyak anak muda di Indonesia, bahkan dari hampir seluruh dunia. Mulai dari drama, hingga musik-musik asal negeri Ginseng tersebut kian diminati oleh kalangan muda.

Hal tersebut yang berbuntut pada kesukaan anak muda terhadap budaya dan pernak-pernik serba Korea. Singkatnya, bila ada sesuatu berbau Korea, maka mereka akan segera memburu dan mencobanya, bahkan termasuk kulinernya.

Sering pula anak muda yang tertarik dengan Korea sampai menabung untuk dapat pergi langsung ke negeri Ginseng. Bila Anda juga termasuk salah satu pecinta Korea baik drama maupun musiknya, kini Anda tidak perlu lagi bersusah payah pergi ke Korea.

Dan jika Anda sudah berencana liburan ke Korea hanya untuk menikmati budaya sambil berfoto dengan latar belakang bangunan tradisionalnya, maka sebaiknya tahan dulu rencana Anda.

Itu karena ada satu tempat wisata kuliner di Bandung yang dibangun dengan konsep ‘Mini Seoul’ dengan bangunan yang dibuat mirip seperti rumah Hanok (rumah tradisional Korea). Tempat tersebut dikenal dengan nama Kampung Korea.

kampung korea bandung
Salah satu sudut Kampung Korea di Bandung

Kampung Korea, Daebak !!

Dinamakan mini Seoul, di Kampung Korea, Anda dapat melihat bangunan yang didesain layaknya rumah Hanok yang merupakan rumah tradisional masyarakat Korea.

Tidak hanya bangunannya saja, di antara bangunan juga dibangun jalan dengan petunjuk arah menunjukkan nama-nama jalan di Seoul, ibukota Korea, beserta dengan tulisan Hangul atau tulisan Korea.

Kampung Korea Bandung ini memang merupakan hasil kerjasama antara pemerintah kota Bandung dengan pemerintah kota Seoul, dengan harapan bahwa kampung ini dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Bandung, sekaligus memperkenalkan budaya Korea.

Kampung Korea juga memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari toko yang menjual produk-produk korea, dan juga restoran dengan tema Korea yang menawarkan hidangan asli ala Korea.

Cafe Chingu

Ngapain Aja di Kampung Korea Bandung

Tempat wisata kuliner di Bandung ini memang ditujukan bagi para remaja pecinta drama korea. Bagi para pecinta Korea tentu sudah mengenal apa itu Hanbok bukan? Hanbok merupakan pakaian tradisional masyarakat Korea, yang dihadirkan dengan warna-warna kalem dan cerah seperti merah muda dan biru muda.

Meskipun di negara asalnya Hanbok hadir dengan berbagai pilihan warna, namun yang paling banyak disukai adalah Hanbok modern dengan warna kalem yang cantik.

Di kampung Korea ini pengunjung dapat menyewa Hanbok seharian, kemudian berfoto-foto di setiap sudut kampung yang merepresentasikan jalanan di Seoul.

Hasil foto Anda yang menggunakan hanbok dengan latar belakang bangunan tradisional Korea ini tentu akan membuat siapapun mengira Anda sedang benar-benar berada di Korea Selatan.

Bahkan dengan tulisan Hangeul yang ada di petunjuk jalan dan juga di kanan kiri, benar-benar akan menipu semua orang yang melihatnya. Tempat ini sangat cocok bagi para pecinta fotografi dan swafoto, karena semua sudut kampung dibuat sangat menyerupai Seoul, Korea Selatan.

Menu Restoran di Kampung Korea

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi tempat wisata kuliner di Bandung ini adalah mencicipi hidangan khas Korea. Ada restoran di tempat ini yang menawarkan menu-menu masakan Korea seperti Jjampong, Jjajangmyeon, Tteokbeokki, Bibimbab, dan lain sebagainya.

Citarasa hidangan tersebut juga dibuat sesuai citarasa aslinya, jadi Anda dapat membiasakan lidah Anda dengan hidangan asal Negeri Ginseng yang dominan oleh asam dan pedas tersebut.

Alamat Kampung Korea Bandung

Kampung Korea berada di Kebonwaru, Batununggal, Bandung. Akses menuju tempat ini dapat menggunakan bantuan dari aplikasi Google Maps, dan sangat mudah untuk menemukannya, karena lokasinya yang masih berada di kawasan perkotaan.

Tiket Masuk Kampung Korea

Untuk saat ini belum ada biaya masuk apapun saat Anda hanya ingin menikmati pemandangan tempat wisata kuliner di Bandung yang satu ini. Namun tentunya bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan meminjam baju Hanbok akan dikenakan biaya sewa sebesar Rp 30.000.

Untuk makanan yang disajikan di restoran yang ada berkisar mulai dari Rp 20.000 saja, dan sangat terjangkau. Selain Kampung Korea, Anda juga bisa mengunjungi Cafe Chingu yang juga menawarkan interior dan suasana makan layaknya di Korea. 

Kuliner Korea yang bisa Anda jajal antara lain odeng, eomuk, chickin, ramyeon, teobokki, dan sejenisnya.

cafe joh-eun keopi

Para pecinta kopi juga bisa mencicipi sajian kopi khas Korea di Cafe Joheun Keopi.  “Seperti kafe kebanyakan ada latte, espresso, machiatto, es kopi susu, dan lainnya.

Tapi ada juga kopi khas Korea, naeng. Naeng ini terbuat dari espresso, krimer, dan madu yang disajikan dingin,” tutur David, pemilik Joh-eun. 

Kafe ini penuh dengan nuansa batu dan kayu, yang menurut dia, mampu menghadirkan ambiens Korea yang kental

Kondisi Terkini Kampung Korea

Dikutip dari website Pikiran Rakyat Hera Koswara, salah satu pengelola Taman Asia Afrika yang terdapat kampung korea didalamnya, mengakui bahwa pengerjaan ruang publik itu belum sepenuhnya selesai.

Namun demikian animo masyarakat yang besar membuat taman ini dibuka lebih cepat. Ketika dilakukan trial opening  selama tiga hari, penunjung paling tinggi pada hari Sabtu dan Minggu sampai 3.000-4.000 orang. Sedangkan pada hari Senin 1.000 pengunjung.

Kampung Korea telah menjadi daya tarik utama Taman Asia Afrika, karena menghadirkan suasana perkampungan negeri ginseng. Meskipun terdapat juga kawasan yang mengadaptasi kawasan urban Korea Selatan. Di samping itu, terdapat pertunjukan air mancur menari yang menjadi atraksi paling ditunggu pengunjung. 

Jadwal Dancing Fountain di Kampung Korea

The dancing fountain ada setiap hari pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.30. Kalau Sabtu ada ekstra pukul 21.30. Setiap aksi air mancur akan diiringi sekitar empat lagu.

Selain terdapat toko oleh-oleh khas Korea terdapat juga Hansamo, tenant komunitas, yang dijadikan sebagai pusat budaya di kampung tersebut.

Komunitas Hansamo

Hansamo adalah komunitas budaya yang didukung Konsulat Jenderal Korea Selatan. Pengunjung dapat lebih jauh mengenal budaya Korea melalui bacaan, tarian, kesenian, makanan, dan lainnya.

Jadi Bagi Anda pecinta drama Korea, Anda hanya menyiapkan liburan ke Bandung saja untuk mendapatkan pengalaman dan foto layaknya di Korea.

Dijamin lebih menghemat anggaran belanja bulanan Anda. Semoga liburan Anda menyenangkan.

0/5 (0 Reviews)

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1