Inilah Pesona Danau Maninjau Sumatera Barat yang Memukau

Tidak ada komentar 28 views

Banyak wisata alam indah yang dapat dinikmati di Indonesia, Danau Maninjau di Sumatera Barat merupakan satu di antaranya. Danau ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Barat yang memiliki kedalaman sekitar 495 meter.

Pesona Danau Maninjau ini mampu meninggalkan kesan mendalam pada setiap pengunjungnya, hal ini terbukti pada presiden pertama RI yang berkunjung ke Danau Maninjau, karena keindahan danaunya Ir. Soekarno menuliskan kesannya melalui sebuah pantun “Jika makan arai pinang, makanlah dengan sirih yang hijau, jangan datang ke ranah minang kalau tak mampir ke Maninjau”. Kesan yang mendalam yang diberikan tempat ini membuat tempat wisata ini selalu semakin ramai oleh para pengunjung.

Inilah Pesona Danau Maninjau Sumatera Barat yang Memukau

Pemandangan Danau Maninjau Sumatera Barat

Daya Tarik danau Maninjau

Pesona Danau Maninjau yang menawarkan berbagai keindahan yang masih alami ini tak jarang dijadikan pilihan para turis saat berwisata ke Sumatera Barat. Panorama keseluruhan Danau Maninjau sangatlah menawan, airnya yang tenang nan berkilau pantulkan cahaya pagi dan suasana senjanya yang sangat syahdu membuat tempat wisata ini semakin eksotis.

Sesampainya di Danau Maninjau Anda bisa menikmati berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti berenang, menaiki perahu, memancing dan tentunya berfoto ria ditemani pemandangan yang memukau.

Fasilitasnya pun bisa dikatakan lengkap, karena beberapa yang dibutuhkan tersedia di tempat wisata ini, mulai dari musholla, restoran, penginapan dan tentunya ada pusat oleh-oleh. Selain menikmati indahnya danau ini, Anda juga bisa menikmati wisata lainnya seperti mengunjungi:

  1. Taman wisata muko-muko yang berlokasi pada tepian Danau Maninjau, di tempat ini Anda bisa menikmati bunga-bunga cantik nan indah serta hembusan angin yang menyejukkkan.
  2. Aia Tigo Raso yang berarti air tiga rasa, salah satu wisata tambahan yang bisa Anda kunjungi di kawasan tersebut. Tempatnya sangat unik, karena dalam satu kolam bahkan satu mata air tapi memiliki tiga rasa, airnya ada yang berasa asam, manis, dan terasa pahit. Masyarakat sekitar percaya kalau air tersebut bisa membuat seseorang awet muda.
  3. Wisata kelok 44 yang bisa kalian temukan saat menempuh jalan menuju Danau Maninjau, sepanjang perjalanan Akan akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit yang indah. Selain itu, kera-kera jinak akan berkeliaran menyambut Anda di sepanjang jalan, Anda dapat berfoto ria dalam mengabadikan momen-momen indah kalian.
  4. Wisata durian kota Malintang yang masih berloaksi di tepi Danau Maninjau. Tempat ini merupakan suatu desa yang sangat menjunjung tinggi tradisi dan budaya peninggalan nenek moyang. Di tempat ini, Anda bisa menemukan hal yang unik yaitu terdapat aturan bagi warga yang tidak memiliki kebun durian boleh mengambil durian di kebun orang lain, tapi hanya boleh mengambil durian yang jauh dan hanya boleh dilakukan pada pukul 04.00 hingga 06.00 pagi.

Lihat juga Pesona Pantai Kata Pariaman

Lokasi dan akses menuju Danau Maninjau

Panorama indah Danau Maninjau dapat Anda temui di kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, Sumatera Barat. Akses untuk menujunya bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum yang tersedia.

Terdapat dua akses yang bisa Anda pilih untuk mencapai titik lokasi Danau Maninjau ini, akses pertama yaitu dari arah Barat, dari kota Padang yang melewati Pariaman, perjalanan ini bisa memakan waktu sekitar 2 jam-an.

Adapun akses kedua, dari arah timur yakni dari Padang yang melewati Bukittinggi, jika Anda memilih akses ini Anda akan melewati jalur berkelok-kelok yang sering disebut kelok 44, waktu tempuh melewati jalur ini kira-kira sekitar 3 jam-an.

Itulah pesona Danau Maninjau Sumatera Barat yang memukau jangan lewatkan kesempatan ini ya. Selain bisa menikmati panorama indah danaunya, Anda juga mendapatkan penyegaran tambahan dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang masih terjangkau dari kawasan Danau Maninjau.

Jadi, tunggu apalagi, ayo habiskan waktu libur Anda di kota Minang.

Loading...
author
Penulis: 
Seorang part time Blogger yang sering Traveling. Menulis disaat senggang. Fans Manchester United.