You cannot copy content of this page

Gunung Kerinci, Objek Wisata Eksotis dan Menantang

Gunung Kerinci sebagai gunung tertinggi di Sumatera dengan ketinggian 3805 mdpl, tentunya sudah sangat familiar bagi para penikmat wisata alam mendaki.

Gunung Kerinci sebagai objek wisata eksotis dan menantang menyimpan potensi geowisata yang menarik dan nyaris sempurna.

Pendakian Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia. Secara geografis Gunung Kerinci ini berada di antara pulau Sumatera dan pulau Jambi, tepatnya berlokasi di daerah Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Di puncak gunung yang menjulang tinggi di langit kota Jambi inilah liburan Anda akan seru dan berkesan.

Gunung yang terkahir kali meletus pada tahun 2009 ini memiliki berbagai julukan di antarnya yaitu Gunung Gadang, Puncak Indrapura, Berapi Kurinci dan Gunung Korinci.

Jalur Pendakian Gunung Kerinci

Untuk menikmati puncak Gunung Kerinci yang merupakan daya tarik utama bagi wisatawan yang datang, sebelum Anda melakukan pendakian Anda dianjurkan untuk beristirahat terlebih dahulu di penginapan yang tersedia di sekitar daerah tersebut.

Anda akan membutuhkan tenanga yang prima untuk mencapai puncak, bukan hanya jaraknya yang jauh, tapi medan yang sangat curam dan terjal pun akan Anda temui dan harus dilewati untuk mencapai puncak Gunung Kerinci. Berikut ini adalah jalur-jalur pendakian di Gunung Kerinci yang akan dilewati.

  • Simpang macam menuju pintu rimba dibutuhkan perjalanan sekitar 20 menit, itu pun dengan menggunakan kendaraan bermotor.
  • Pintu rimba menuju pos 1 membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan.
  • Pos 1 menuju pos 2 membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  • Pos 2 menuju pos 3, waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit.
  • Pos 3 menuju shelter 1 dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan.
  • Shelter 1 menuju shelter 2 membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan.
  • Shelter 2 menuju shelter 3 membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan.
  • Shelter 3 menuju puncak Gunung Kerinci membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan.
puncak gunung kerinci

Jika Anda ingin mendirikan tenda, disarankan untuk melakukannya di sekitar pos 3 dan shelter 1, karena di area ini terdapat tanah yang cukup luas yang dapat mencukupi sekitar 5 hingga 6 tenda.

Selain itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati pemandangan lereng Gunung Kerinci.

Pemandangan Gunung Kerinci

Adapun perjalanan yang dianggap sebagian pendaki sangat ekstrem yaitu pada perjalanan menuju shelter 3, karena di daerah ini medannya cukup membutuhkan energi yang prima, karena berupa tanjakan curam.

Namun medan yang curam nan menakutkan dapat terobati dengan pemandangan sekitar, karena dari tempat ini sudah terlihat puncak Gunung Kerinci.

Serta pemandangan indah berbagai danau pun memanjakan mata setiap para wisatawan, seperti Danau Gunung Tujuh, Danau Belibis, serta hamparan bukit yang menawan.

Fasilitas di Jalur Pendakian Gunung Kerinci

Daya tarik lainnya dari Gunung Kerinci yaitu dengan adanya fasilitas yang mencukupi kebutuhan para wisatawan yang datang.

Fasilitas berupa jasa maupun fasilitas bentuk lainnya seperti air bersih yang dapat ditemukan dengan mudah, air tersebut dapat digunakan untuk memasak atau pun meminum.

Itulah tadi ulasan singkat Gunung Kerinci, objek wisata eksotis dan menantang.

Tertarik menaklukkan puncaknya? Yuk packing!

0/5 (0 Reviews)

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1