Destinasi Wisata Yang Wajib Di Kunjungi Di Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara memiliki ibukota pemerintahan di Kota Bau-Bau dengan jumlah penduduk mencapai 2,5 juta jiwa. Meskipun wilayah provinsinya tidak terlalu luas, Sulawesi Tenggara memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, juga kuliner khas nan lezat yang wajib untuk dicicipi. Selain itu, penduduk Sulawesi Tenggara juga terkenal sangat ramah terhadap wisatawan.

Pantai Nambo

Pantai Nambo

Destinasi Wisata Wajib Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara memiliki 15 Kabupaten dan 2 kota di bawah pemerintahannya. Di masing-masing daerah tersebut, terdapat potensi wisata Sulawesi Tenggara yang layak untuk dikunjungi dan dieksplorasi.

Berikut ini adalah destinasi wisata yang dapat dijadikan pilihan untuk menghabiskan masa liburan di Sulawesi Tenggara yang mayoritas didominasi wisata alam dan sejarah :

Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton

1. Benteng Keraton Buton

Sesuai namanya, benteng yang pada tahun 2006 dinobatkan sebagai benteng terluas di dunia oleh Guiness Book of World Record ini berada di Pulau Buton. Benteng ini sarat akan sejarah Kesultanan Buton, tepatnya menjadi benteng pertahanan kerajaan.

Dibangun pada abad ke-16, benteng yang terbuat dari batuan kapur ini masih kokoh berdiri. Keraton Buton sendiri merupakan Kesultanan Islam yang sangat berjaya pada masanya di seantero Sulawesi Tenggara.

Hingga kini, masyarakat Buton pun mayoritas memeluk agama Islam dan merupakan muslim yang sangat taat. Tidak jauh dari benteng, berdiri pula Masjid Keraton Buton yang terbuat dari batu marmer dan memiliki konstruksi megah. Benteng Keraton Buton memiliki 16 hulu picu meriam sebagaimana fungsi benteng yang merupakan wilayah pertahanan.

Selain itu, terdapat 12 titik gerbang masuk benteng yang dahulu berguna untuk mengecoh penjajah yang berusaha menginvasi wilayah Kesultanan Buton. Untuk menikmati wisata sejarah yang yang satu ini, wisatawan tidak akan dikenakan biaya apa pun.

2. Danau Biru

Destinasi witasa yang satu ini terletak di Desa Walasiho, Kabupaten Kolaka Utara, yang kemudian membuatnya disebut juga sebagai Danau Biru Kolaka Utara.

Danau ini memiliki panorama yang sangat indah di mana dikelilingi oleh bebatuan karena posisinya yang berada di kaki bukit dan air danaunya yang bening kebiruan.

Pepohonan yang hijau di sekitar semakin menyegarkan mata wisatawan. Di Danau Biru, pengunjung dapat melakukan aktifitas snorkeling dengan kedalaman danau mencapai tujuh meter.

Jika tidak ingin berenang maupun menyelam, wisatawan dapat memancing di tepian danau biru yang kaya akan ragam biota laut ini. Biaya tiket masuk yang ditetapkan sebesar Rp. 5.000,- saja.

3. Pantai Nambo

Sejauh 12 kilometer dari Kendari, tepatnya di Kecamatan Abeli, terdapat sebuah lokasi wisata Sulawesi Tenggara yang sangat tersohor, yakni Pantai Nambo. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 2.000,- saja per orang, wisatawan sudah bebas berenang maupun sekedar bermain pasir di tepi pantai yang memiliki pasir putih tersebut.

Dahulu, Pantai Nambo sebenarnya merupakan kawasan hutan bakau, hingga ditemukan oleh seorang pengusaha swasta yang lantas membeli lahan tersebut dan mengenyahkan hutan bakaunya untuk membuka tempat wisata pantai.

Bersama dengan masyarakat sekitar, mereka berswadaya untuk merintis Pantai Nambo hingga terkenal seperti saat ini, tetapi kemudian kepemilikannya dibeli oleh pemerintah.

Di tangan pemerintah, Pantai Nambo pun semakin berkembang. Puluhan gazebo, toilet umum yang layak, juga sarana prasarana lain semakin meningkat.

Warga sekitar pun tetap diizinkan berdagang di pantai yang mayoritas menjual kelapa muda yang cocok sekali dinikmati di tempat wisata tersebut. Harganya pun murah meriah, hanya Rp. 5.000,- saja.

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1