Cari tempat wisata di Malang yang murah? Ke Coban Jahe Saja! Dijamin Murah Meriah

Satu lagi tempat wisata di Malang yang murah meriah dan menawarkan kealamian yang masih jarang terjamah oleh para wisatawan baik domestik maupun turis asing.

Tentunya tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka menikmati keindahan alam dengan sedikit kelompok tanpa terganggu dengan keramaian yang ada.

Selain itu, tempat yang sangat alami akan sangat cocok untuk mengusir lelah dan penat, sangat sesuai bagi para pecinta alam, tentunya.

Tempat wisata itu bernama Coban Jahe yang merupakan salah satu air terjun di Malang. Berbeda dengan coban Rais, coban Talun, coban Rondo, serta coban-coban lainnya.

Nama Coban Jahe mungkin tidak sepopuler air terjun tersebut. Meskipun demikian, keindahan alam yang ditawarkan oleh coban ini sangat luar biasa dan tiada tanding dengan coban-coban sebelumnya.

Ada beberapa alasan kenapa Coban Jahe masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, meskipun lokasi ini termasuk salah satu tempat wisata di Malang yang murah meriah. Satu alasan yang penting adalah akses menuju lokasi air terjun.

Perjalanan menuju ke coban Jahe Malang ini tidak semudah bila dibandingkan dengan perjalanan ke coban-coban terkenal lainnya.

Anda perlu melewati semak belukar terlebih dahulu sebelum masuk ke tempat coban berada. Jalanan lumayan berliku dan terjal berbatu.

Terutama bila habis hujan, jalanan bisa menjadi sangat becek dan licin. Oleh karena itu gunakan sandal atau sepatu yang nyaman untuk mengeksplorasi kawasan coban Jahe ini.

Serta pastikan sepatu Anda tersebut anti selip dan sangat cocok untuk digunakan di medan yang sulit.

Coban Jahe

Keindahan Alam Coban Jahe Malang

Setelah melewati areal perkebunan dan pepohonan serta semak belukar, Anda akan disambut dengan air terjun yang mengalir indah dan segar.

Lebar air terjun Coban Jahe ini memang tidak selebar air terjun lainnya dan mungkin hanya 1 atau 2 meter saja. Namun debit aliran airnya lumayan keras serta membawa air yang dingin.

Anda mungkin bisa saja bermain air atau mandi di bawah air terjun yang hanya setinggi kurang lebih 10 meter ini. Namun cuaca dan kondisi di sekitar tempat ini lumayan dingin, sehingga mungkin akan membuat Anda berfikir kembali bila ingin bermain air dan berenang di tempat ini.

Air terjun diapit oleh dua tebing yang ditutupi oleh semak belukar yang cukup tebal dan sangat hijau. Semak belukar tersebutlah yang merupakan daya tarik alami karena pepohonan dan tumbuhan tumbuh secara horizontal dan sangat indah.

Keindahan alam nan hijau tersebut yang juga membuat tempat wisata yang satu ini sangat sejuk, dan membuat suasana semakin dingin. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk membawa pakaian tebal supaya tidak merasa terlalu dingin saat berada di sekitar air terjun ini.

Fasilitas Coban Jahe Malang

Fasilitas yang ada di coban Jahe ini bisa terbilang masing sangat minim. Inilah alasan lain kenapa tempat wisata di Malang yang murah meriah ini masih kurang dikenal banyak orang.

Fasilitas minim seperti belum ada tempat khusus untuk berganti pakaian bila Anda ingin mandi dan warung atau penjual makanan.

Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk membawa air minum sendiri karena perjalanan dari lokasi parkir menuju ke air terjun akan menghabiskan tenaga ekstra.

Pemandian Kalireco? Tempat Rekreasi di Malang untuk Relaksasi Badan

Selain itu, belum ada penjual yang berjualan di sepanjang jalan menuju air terjun, tentu akan menyulitkan Anda bila kehausan. Meskipun beberapa fasiltias umum belum terpenuhi, namun Anda dapat mengikuti petunjuk arah terbuat dari kayu untuk menuju ke kawasan air terjun.

Faktanya, meski belum begitu dikenal oleh para wisatawan, namun air terjun ini juga sudah lebih sering dikunjungi meski tidak seramai coban lainnya.

Terlebih jika tempat wisata di Malang ini telah dikelola oleh suatu pihak dan menghadirkan wisata arum jeram seperti di Rafting Kaliwatu Kota Batu Malang, pasti akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dari seluruh Indonesia.

Lokasi Coban Jahe Malang

Coban Jahe ada di desa Pandansari Lor, kecamatan Jabung, Malang. Akan sulit menuju ke tempat ini bila mengandalkan petunjuk arah di sepanjang jalan. Oleh karena itu sangat disarankan Anda menggunakan bantuan petunjuk dari Google Maps.

Harga Tiket Masuk Coban Jahe Malang

Karena termasuk salah satu tempat wisata di Malang yang murah meriah, Anda hanya perlu menyiapkan biaya kurang dari Rp 10.000 saja. Tepatnya, pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk.

Biaya tersebut belum termasuk untuk biaya parkir kendaraan yang berkisar mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1