Cari Tempat Menarik di Surabaya? Kesini Aja! Pas Banget Buat Nongkrong!

Tugu PahlawanSaat Anda sedang liburan atau perjalanan kerja di Surabaya, banyak sekali tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati keindahan kota Surabaya.

Salah satu Tempat Menarik di Surabaya yang bisa Anda kunjungi adalah Tugu Pahlawan Surabaya. Kenapa saya katakan monumen ini termasuk Tempat Menarik di Surabaya? Jawabannya karena suasananya yang nyaman untuk nongkrong dan sekaligus tempat hunting foto di Surabaya.

Dan yang lebih penting lagi, Anda bisa ikut menikmati keindahan tempat bersejarah di Surabaya ini. Sebuah ikon kepahlawanan yang dimiliki oleh Ibukota Provinsi Jawa Timur. Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi landmark kota Surabaya.

Seperti Jakarta yang memiliki Monas (Monumen Nasional), Surabaya juga memiliki Tugu Pahlawan ini.

Meskipun hanya sebuah monumen, namun Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini sangat cantik di malam hari terutama dengan sinaran lampu-lampu kuning yang sangat indah, sehingga sangat cocok untuk anda jadikan sebagai latar belakang foto.

Jadi, tidak berlebihan apabila Tugu Pahlawan termasuk salah satu Tempat Menarik di Surabaya yang layak Anda kunjungi.

Tempat Nongkrong

Tak ayal tempat ini menjadi daya tarik bagi beberapa orang, termasuk para pemuda. Di sekitar Tugu Pahlawan anda akan melihat banyak anak muda berkumpul, sambil mengenang jasa pahlawan, sambil berselfie, dan nongkrong atau berkumpul dengan teman-teman mereka.

Di siang hari, ada banyak wisatawan yang datang ke Surabaya mampir ke tempat ini untuk berfoto di sekitaran monumen dan menikmati keramaian kota Surabaya.

Sedangkan di malam harinya, ada lebih banyak kalangan muda yang sekedar duduk-duduk saja, atau berfoto untuk diunggah ke sosial media, atau bahkan berkumpul dengan komunitas fotografi dan mencari spot foto terbaik.

Bentuk Monumen

Bentuk Tugu Pahlawan sendiri sangat unik yakni seperti paku yang sedang berdiri terbalik. Bentuk ini disebut sebagai bentuk lingga.

Selain itu, di seluruh sisi monumen terdapat cekungan yang bila dihitung berjumlah 10. Secara filosofi, cekungan ini menandakan sebagai peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 10 November 1945.

Hari tersebut merupakan hari bersejarah pejuangan para pahlawan yang bahkan beberapa di antaranya harus meninggal untuk dapat merebut kota Surabaya dari penguasaan penjajah Belanda yang kembali setelah kemerdekaan.

Selain itu, bila anda datang di bulan November, anda akan berkesempatan melihat teater yang dibuat oleh masyarakat Surabaya dengan tema pahlawan, sebagai bentuk mengingat jasa para pahlawan.

Teater tahunan tersebut sangatlah menarik dan juga menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat lokal dan para wisatawan yang datang.

Lokasi Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan ini berlokasi di Jalan Pahlawan, Kelurahan alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya. Lokasinya sangat mudah dituju dengan bantuan aplikasi Google Maps.

Selain itu, karena terletak di tengah kota, tentunya sangat mudah untuk menuju ke sini, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan transportasi umum lainnya.

Tiket Masuk Tugu Pahlawan

Tidak ada biaya apapun saat Anda memasuki salah satu ikon kota Surabaya ini. Anda dapat dengan bebas mengeksplorasi pemandangan kota Surabaya dari sekitar monumen. Alasan lain kenapa Tugu Pahlawan termasuk salah satu tempat menarik di Surabaya bagi para kalangan muda dan komunitas.

Mereka sering sekali mengadakan pertemuan disini atau hanya sekedar nongkrong disini. Selain Tugu Pahlawan, ada satu lagi tempat menarik di Surabaya yang bisa Anda kunjungi.

Apalagi Anda seorang penggemar fotografi dan suka dengan suasana meriah, Anda bisa mengunjungi Klenteng Hong Tiek Hian yang mengagumkan. Disana Anda bisa mendapatkan spot foto menarik tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Leave a Reply