8 Taman Romantis di Medan untuk Liburan Akhir Pekan

Medan sebagai salah satu kota ketiga terbesar di Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang merupakan ibukota Sumatera Utara ini tak hanya memiliki Danau Toba yang menjadi daya pikat para wisatawan, melainkan terdapat Taman Romantis di Medan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Ketika Anda berada di Medan, setidaknya beberapa taman berikut harus Anda kunjungi, untuk merasakan nuansa romantis yang disuguhkannya.

1.Taman Ahmad Yani

Taman romantis di Medan yang pertama adalah Taman Ahmad Yani. Sebuah taman yang berada di perbatasan antara Jalan Sudirman dan Jalan Imam Bonjol. Dinamakan Taman Ahmad Yani karena di tempat tersebut terdapat Monumen Patung Ahmad Yani dengan ketinggian yang mencapai 11 meter.

Di taman ini, Anda akan merasakan kesejukan yang diberikan dari taman yang asri ini. banyak pepohonan hijau nan rimbun memenuhi taman seluas dua hektar ini. Terdapat beberapa fasilitas yang menunjang kebutuhan setiap pengunjung, diantaranya jogging track, alat-alat olahraga, serta wahana permainan anak yang menarik.

2.Taman Beringin

Taman Beringin Medan, sebuah taman yang berada di perbatasan antara Jalan Cik Di Tiro dan Jalan Sudirman, Kota Medan. Taman Beringin merupakan salah satu taman yang asri nan romantis yang bisa Anda kunjungi di kota Medan.

Taman ini ditata sedemikian rupa seperti hutan kota agar dapat dijadikan paru-parunya kota Medan. Taman ini dilengkapi dengan sebuah kolam air mancur yang membuat suasana semakin menyejukkan.

Konon, keberadaan taman ini meruapakan lambang persahabatan antara Kota Medan dengan Amerika Serikat yang diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2014, tepatnya pada hari di mana para awak kapal USS David Angkatan Laut AS berkunjung ke Indonesia dalam rangka meningkatkan pertahanan maritim kedua belah pihak.

3.Taman Cadika Pramuka

Selanjutnya ada Taman Candika Pramuka yang bisa Anda kunjungi di kota Medan. Sebuah taman yang dibangun sejak tahun 2012 lalu, berluaskan 5.000 meter persegi menyajikan nuansa taman yang khas.

Taman yang bisa Anda temukan di Jalan Karaya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan ini menawarkan nuansa taman yang hijau dengan pohon-pohon yang rindang, berupa pohon flamboyan, tanjung, manggis, mahoni, rukam, kelapa, dan pohon lainnya menghiasi taman ini.

Nuansanya yang hijau menyejukkan ini ditambah dengan danau buatan kecil dengan airnya yang begitu tenang, menciptakan suasana sejuk nan menenangkan. Berbagai flora yang mengelilingi taman ini membuat pikiran setiap pengunjung lebih rileks dan nyaman.

Anda dapat menyusuri dua buah jembatan gantung yang membelah danau. Tentu hal ini akan menciptakan liburan yang romantis. Jangan lupa abadikan momen-momen seru Anda dalam sebuah jepretan yang indah.

4.Taman Edukasi Avros

Taman Edukasi Avros merupakan sebuah taman edukasi yang ada di Jalan Avros, Medan, tepatnya berada di tepian Sungai Deli Medan. Taman ini diresmikan sejak tanggal 25 September 2014, yang hingga saat ini semakin terkenal di kalangan wisatawan.

Pepohonan hijau yang menghiasi taman ini menjadi incaran para pengunjung yang ingin melepaskan rasa penat akan aktivitas sehari-hari yang begitu padat. Selain itu, Taman Edukasi Avros ini ternyata memiliki program sekolah alamnya juga lho! Di tempat ini, selain menikmati nuansa alam yang menyejukkan, Anda juga dapat menambah wawasan mengenai jenis-jenis tumbuhan, sayuran, buah-buahan, obat-obatan herbal, dan sebagainya.

Aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan di Taman Edukasi Avros yakni menikmati berbagai wahana outbound semisal, paint ball, flying fox, halang rintang, dan olahraga memanah.

8 Taman Romantis di Medan untuk Liburan Akhir Pekan

Taman Romantis di Medan

5.Taman Labirin

Taman Labirin, semua orang pasti menyukai taman yang hampir tiap kota memilikinya. Taman yang terbuat dari pohon-pohon hijau tersusun rapi ini memiliki bentuk melingkar-lingkar dengan ruas jalan tertentu.

Anda dapat memasuki Taman Labirin dengan membayar tiket masuk yang telah ditentukan. Anda dapat mencoba menyusuri labirin dari awal dan menemukan pintu keluar. Kelihatannya sangat mudah, namun banyak berbagai jebakan yang harus kamu waspadai.

Saat Anda keluar dari Labirin, Anda akan menemukan pusat dari Simalem Resort yang bernama “Fountain of Wealth”, Anda bisa berfoto ria di tempat tersebut.

6.Taman Le Hu Garden

Anda ingin menikmati taman yang penuh dengan bunga warna warni di Medan, Anda bisa berkunjung ke Taman Le Hu Garden. Di tempat ini, Anda akan melihat berbagai flora yang menarik, bagus, indah dan cukup luas.

Taman yang cukup populer di kalangan masyarakat Medan ini sangat mudah dijangkau karena jaraknya dekat dari kota Medan, yakni di kawasan Patumbak, Deli Serdang.

Taman romantis di Medan satu ini cocok banget untuk hunting foto, nuansanya yang menarik dengan pemandangan yang menyejukkan.

7.Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan taman yang memiliki ekosistem asli dari berbagai habitat yang beragam, mulai pantai sampai pegunungan tinggi. Taman Gunung Leuser suasananya sangat asri karena dihadapkan langsung pada hutan lebat khas hujan tropis Indonesia.

Taman Nasional ini dimanfaatkan sebagai tempat penelitian, edukasi, budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Di tempat ini, Anda akan menemukan nuansa alami berupa fauna khas daerah berupa spesies kera. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman yang berharga bagi Anda.

8.Taman Sri Deli

Berikutnya, ada Taman Sri Deli, sebuah taman yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi karena merupakan salah satu peninggalan Kesultanan Melayu Deli. Taman ini berada di Jalan Masjid Raya, dan tidak jauh dari Istana Maimun.

Taman Sri Deli ini sudah ada sejak masa Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam. Mulanya, taman ini dibangun sebagai tempat bersantai keluarga Sultan Deli. Meskipun sudah cukup tua, namun taman ini tetap terjaga dan terawat hingga saat ini.

Di tengah taman ini terdapat kolam trapesium, yang terawat baik dan indah. Sarana dan prasana lainnya yang ada di taman ini, di antaranya terdapat toilet, tong sampah, serta bangku-bangku taman sebagai tempat bersantai.

Selain itu, di taman ini terdapat beberapa foto museum tentang sejarah Taman Sri Deli dan masa kekuasaan Melayu Deli.

Itulah taman romantis di Medan yang bisa Anda kunjungi dan nikmati kala liburan tiba.

Happy travelling!

Leave a Reply