7 Tempat Wisata di Bali Timur yang Menarik untuk Anda Kunjungi

Loading...

Jatinecia.com – Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak tempat wisata yang terkenal dan menarik. Banyak daerah tempat wisata yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Pantai Kuta, Pura Uluwatu, Tanah Lot, dan kawasan Seminyak tentu sudah akrab di telingamu bukan?

Dengan potensi wisata yang lengkap mulai dari kawasan budaya, keelokan pantai, wisata belanja, dan lautnya serta keunikan dari tradisi masyarakat setempat, membuat Bali pantas menjadi destinasi favorit bagi banyak turis yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Tak hanya menawarkan wisata modern seperti yang sering kamu lihat atau kunjungi di kawasan Kuta. Banyak destinasi liburan di Bali yang menarik. Tetapi , belum banyak diketahui wisatawan.

Tempat wisata tersebut seperti daerah Bali Timur yang menyimpan banyak destinasi tujuan wisata cantik yang tentu akan membuat liburanmu lebih menyenangkan.

Gambar Batur Geopark

id.wikipedia.org

Berkut ini akan kami bahas dan rangkum 7 Tempat Wisata di Bali Timur yang Wajib Anda Kunjungi yang bisa anda simak dibawah ini :

1. Taman Ujung Karangasem

Apabila kamu berkunjung ke Kecamatan Karangasem, sempatkan untuk mampir ke Taman Ujung yang letaknya di Desa Tumbu, Karangasem. Kamu akan disuguhkan pemandangan cantik dari sebuah taman dengan arsitektur bergaya Bali, Cina, dan Eropa.

Di sini terdapat tiga buah kolam air besar, satu kolam berlokasi di bagian selatan, dan dua kolam lainnya berlokasi di bagian utara. Pada kolam bagian selatan, terdapat bangunan di tengah-tengahnya yang disebut dengan ‘Bale Bengong’.

Dulunya taman yang juga dikenal dengan nama Taman Sukasada ini merupakan kawasan yang digunakan sebagai macam tempat peristirahatan raja dan tempat untuk menjamu tamu kerajaan.

Di area ini kamu akan menemukan sebuah bangunan tanpa atap dan tanpa tembok. Hanya berdiri pilar-pilar yang menjulang dan setiap sisinya saling berhubungan.

Untuk mencapainya, kamu perlu menaiki beberapa anak tangga. Dari sini pemandangan seluruh taman terlihat sangat jelas. Banyak wisatawan yang menjadikan pilar ini sebagai latar tempat melakukan foto prewedding Arsitektur yang menawan membuat kamu tak akan merasa sia-sia telah menempuh perjalanan jauh ke tempat ini.

2. Tenganan Pegringsingan

Ingin menikmati tempat wisata yang menyuguhkan adat masyarakat Bali tempo dulu? Kamu dapat datang ke Kecamatan Manggis, Karangasem di sebelah timur pulau Bali.

Desa Tenganan merupakan salah satu dari 3 Desa Bali Aga, selain Truyan dan Sambiran. Desa Bali Aga merupakan desa yang masih mempertahankan pola hidup masyarakat serta tatanan kehidupan yang mengacu pada aturan adat desa tradisional.

Bahkan, bentuk bangunan seperti rumah, pekarangan, tata letak bangunan hingga letak pura dibuat dengan mengikuti aturan adat yang telah ada sejak turun temurun.

Keunikan lain dari Desa Tenganan adalah cara masyarakatnya memilih calon pemimpin desa. Untuk menjadi kepala desa di sini dilakukan prosesi adat mesabat-sabat biu (perang buah pisang).

Prosesi ini semacam tes psikologi bagi calon pemimpin desa. Tak hanya itu, pada penanggalan setempat (sekitar bulan Juli) kamu dapat menyaksikan tradisi megeret pandan (perang pandan).

Dua pemuda akan bertarung di atas panggung untuk saling menyayat dengan menggunakan duri-duri pandan. Tradisi ini bertujuan untuk menciptakan warga dengan kondisi fisik dan mental yang kuat.

Desa ini bisa membawamu pada kenangan tentang desa yang damai dan tentram.

3. Tulamben Karangasem

Untuk kamu yang suka dengan wisata air, Tulamben bisa jadi pilihan terbaik. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Tulamben terkenal sebagai objek wisata denga site divingterbaik, lokasi terumbu karang, dan pemandangan laut yang memesona.

Di Tulamben kamu tidak akan kesulitan mencari tempat menginap atau tempat makan. Di sana sudah disediakan fasilitas pendukung pariwisata seperti hotel, restoran, beragam pusat informasi menyelam, layanan sewa mobil, dan layanan tur.

Selain pesona bawah lautnya, kamu juga bisa menikmati suasana pantai dengan menyaksikan keunikan alam laut, atau menyaksikan aktivitas nelayan di sekitar pantai. Dijamin kamu pasti puas dengan wisata laut di daerah Bali Timur ini.

4. Pura Besakih

Tentu kamu tahu bahwa Bali terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura. Sebutan tersebut ada karena sebagian masyarakatnya memeluk agama Hindu.

Tahukah kamu di mana pura terbesar di Bali? Banyak yang telah mengenal Pura Uluwatu dan Pura Tanah Lot karena kedua pura ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang cantik.

Bukan hanya itu, Bali masih memiliki satu pura dengan terbesar dengan arsitektur dan pemandangannya yang memesona. Pura itu adalah pura Besakih. Pura tersebut bisa menjadi solusi destinasi wisata yang menawarkan pemandangan dari gunung tertinggi di Bali, Gunung Agung.

Pura ini terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Ketika sampai di sana, kamu akan melihat anak tangga yang menjulang tinggi dengan sebuah gerbang besar. Gerbang inilah yang menjadi pintu masuk menuju pura Penataran Agung Besakih.

Terdapat 22 bangunan pura yang ada di area Pura Besakih. Setiap pura memiliki fungsinya masing-masing. Untuk mengunjunginya, harga tiket masuknya Rp 7.000 dan tiket parkirnya Rp.5.000.

5. Kerta Gosa

Kerta Gosa merupakan bagian dari komplek bangunan kerajaan Klungkung yang dibangun tahun 1688 oleh pemegang kekuasaan pertama yaitu I Dewa Agung Jambe.

Apabila kamu bepergian ke Kabupaten Klungkung, kamu bisa mampir untuk melihat situs peninggalan kerajaan Klungkung ini. Dulunya tempat ini merupakan pengadilan di Bali.

Di sana kamu akan menemukan lukisan wayang pada dinding bangunannya. Lukisan wayang tersebut bercerita tentang kasus yang disidangkan dengan jenis-jenis hukumannya.

Selain itu, terdapat juga museum yang menyimpan beragam benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Klungkung dan benda-benda yang digunakan oleh pengadilan adat tradisional Bali pada zaman dulu.

Selain berlibur, kamu juga bisa mempelajari sejarah yang tentu akan menambah wawasanmu.

6. Rumah Pohon Karangasem

Rumah Pohon Karangasem baru dibuka sekitar tahun 2015 lalu. Tempat ini menjadi salah satu spot foto yang instagram-able.

Tentunya, kamu tidak boleh ketinggalan untuk mengunjungi destinasi wisata yang alamat nya di Desa Batu Dawa, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Jika ingin naik sampai rumah pohon ini, kamu harus melewati jembatan yang terbuat dari bambu. Medan yang harus kamu lewati memang cukup tinggi. Akan tetapi, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sungguh luar biasa.

Kamu bisa melihat pemandangan puncak Gunung Agung, bentangan Pantai Amed, dan Pantai Tulamben. Terdapat juga sebuah bangunan berbentuk menyerupai candi, juga ayunan, dan gazebo.

7. Batur Geopark

Taman wisata Batur Geopark yang ber lokasi di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli ini sangat cocok untuk destinasi wisata kamu bersama keluarga.

Dari sini kamu bisa melihat kemegahan Gunung Batur sekaligus menikmati Danau Batur yang tenang dan mendamaikan. Tempat ini sudah ditetapkan sebagai Taman Bumi oleh UNESCO pada tahun 2012.

Keunikan dari geopark ini adalah keindahan geologi, terutama kawah, kaldera, dan Danau Batur.

Di dekat Batur Geopark juga terdapat pemandian air panas yang bisa memanjakan kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera masukkan kawasan ini dalam list perjalanan kamu ya.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai 7 Tempat Wisata di Bali Timur yang Wajib Anda Kunjungi yang bisa kamu jadikan referensi untuk tujuan destinasi wisata dan juga bisa menambah daftar wisata. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya

Ringkasan
Review Date
Reviewed Item
Tempat Wisata di Bali Timur
Author Rating
51star1star1star1star1star
author
Penulis: 
Seorang part time Blogger yang sering Traveling. Menulis disaat senggang. Fans Manchester United.